Profil PT Tempo Inti Media Tbk (IDX: TMPO)

Profil PT Tempo Inti Media Tbk (IDX TMPO)


Foto: Tempo Inti Media 

Investasimu.com. Sejarah PT Tempo Inti Media Tbk (IDX: TMPO) tidak dapat dilepaskan dari pendirian Majalah oleh beberapa anak muda yang pernah menjadi bagian dari majalah Ekspres, seperti Goenawan Mohamad dan Fikri Jufri, serta karyawan majalah Djaja milik pemerintah Jakarta. Ketika itu, majalah Djaja, yang dikelola Harjoko Trisnadi, mulai merasa tidak bebas bergerak karena dimiliki pemerintah. Ia pun meminta kepada Gubernur Jakarta Ali Sadikin agar majalah ini dikelola oleh Yayasan Jaya Raya. Hasil rembuk tiga pihak itu melahirkan majalah Tempo, yang diterbitkan di bawah Yayasan Jaya Raya. Edisi perkenalan majalah ini terbit pada 6 Maret 1971 dan edisi perdananya terbit sebulan kemudian.

Perseroan didirikan dengan nama PT Arsa Raya Perdana berdasarkan Akta No. 77 tanggal 27 Agustus 1996 yang dibuat dihadapan Sulaimansjah, SH., Notaris di Jakarta. Setelah mengalami pembredelan hingga dua kali, sejak 6 Oktober 1998, Majalah Tempo pun hadir kembali di bawah naungan PT Arsa Raya Perdana. Pada tahun 2001 Perseroan melakukan IPO dan mengubah namanya menjadi PT Tempo Inti Media Tbk sebagai penerbit majalah Tempo yang baru.

Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan, ruang lingkup kegiatan Perseroan terutama bergerak dalam bidang-bidang percetakan, periklanan, jasa, perdagangan dan pemasaran. Perseroan memulai kegiatan usahanya secara komersial pada bulan Oktober 1998.

Seiring berjalannya waktu, produk-produk Tempo terus muncul dan memperkaya industri informasi korporat dari berbagai bidang, yaitu Penerbitan (majalah Tempo, Koran Tempo, Tempo English, Travelounge, Komunika, dan Bintang Indonesia), Digital (Tempo.co), Data & Riset (Pusat Data dan Analisa Tempo), Percetakan (Temprint), Penyiaran (TV Tempo dan Tempo Channel), Industri Kreatif (Matair Rumah Kreatif), Event Organizer (Impresario dan Tempo Komunitas), Lembaga Pendidikan (Tempo Institute), Perdagangan (Temprint Inti Niaga), dan Building Manajemen (Temprint Graha Delapan). 

Berdasarkan Akta No. 17 tanggal 15 April 2004 yang dibuat di hadapan Fathiah Helmi, SH., notaris di Jakarta, Perseroan menghibahkan jasa penerbitan Majalah Tempo edisi Bahasa Indonesia kepada PT Tempo Inti Media Harian (Entitas anak). Kemudian berdasarkan Akta No. 11 tanggal 25 Januari 2017 yang dibuat di hadapan Tatyana Indrati Hasjim, SH, mengenai perjanjian jual beli domain. Perseroan menjual sejumlah domain antar lain Tempo.co (d/h Tempo Interaktif), Tempo.id kepada PT Info Media Digital (Entitas anak usaha). Sejak saat itu Perseroan hanya menerbitkan Majalah Tempo edisi bahasa Inggris.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Tempo Inti Media Tbk
KodeTMPO
Alamat KantorGedung Tempo, Lantai 5 Jl. Palmerah Barat No. 8 Jakarta 12210, Indonesia
Alamat Emailcorsec@tempo.co.id
Situstempo.id
Telepon021-536-3790/530 6392
Faks(021) 536 - 2025/7206995
NPWP01.785.138.7-054.000
Tanggal IPO8 Jan 2001
Bidang Usaha UtamaMedia dan Percetakan
SektorBarang Konsumen Non-Primer
Sub SektorMedia & Hiburan
IndustriMedia
Sub IndustriPenerbitan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama