Sekilas IPO PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES)

IPO Saham PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk KKES


Foto: KKS Chemicals 

Investasimu.com. PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (IDX: KKES) merupakan perusahaan yang berperan aktif sebagai importir, stockist, dan distributor bahan kimia commodity dan specialty, makanan, bahan kimia kontruksi dan bahan terkait. Secara garis besar, Perseroan menawarkan rangkaian produk dengan beberapa kategori yaitu:

1. Lether Tanning & Synthetic;

2. Paint, Coating, Ink, Thinner, Plastic, PVC Pipes & Resin;

3. Adhesive, Textile, Auxiliaries, Polymer, Rubber, Foam, Sole, Yarn, Fiber;

4. Food & Drinks;

5. Construction Chemicals, Alumininium Shop; dan

6. Wood Finishing (Furniture, Door, Frame, Coffin, Instruments). 

Perseroan merupakan anak usaha dari PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (IDX: CSAP).

Data IPO KKES

Data jumlah saham yang ditawarkan, harga IPO, dan total perkiraan dana IPO disajikan dalam tabel berikut.

Informasi Keterangan
Jumlah Saham IPO Sebanyak-banyaknya sebesar 450.000.000 lembar saham baru yang merupakan saham biasa atas nama (27,27% dari modal).
Nilai Nominal Rp10 per saham.
Harga IPO Rp100 sampai dengan Rp130.
Total Hasil IPO Sebanyak-banyaknya sebesar Rp58.500.000.000,00

Perseroan juga melaksanakan program Employee Stock Allocation (“ESA”) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 2,5% dari jumlah yang ditawarkan dalam Penawaran Umum atau sebanyak-banyaknya 11.250.000 lembar saham.

Berdasarkan prospektus final, harga final IPO KKES ditetapkan sebesar Rp105 per lembar saham dengan jumlah saham yang ditawarkan menjadi 300.000.000 lembar saham (20%). Jumlah saham dalam program ESA juga menjadi sebanyak 3.577.000 lembar saham (1,19%).

Adapun Penjamin Pelaksana Emisi Efek atas IPO KKES ini yaitu Mirae Asset Sekuritas Indonesia (YP).

Jadwal IPO KKES

Jadwal perkiraan IPO KKES yaitu sebagai berikut:

Masa Penawaran Awal : 19 – 27 Juli 2022;

Tanggal Efektif : 29 Juli 2022;

Masa Penawaran Umum Perdana Saham : 2 – 4 Agustus 2022;

Tanggal Penjatahan : 4 Agustus 2022;

Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 5 Agustus 2022; dan

Tanggal Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia : 8 Agustus 2022.

Jadwal IPO KKES dan IPO perusahaan lainnya dapat Anda akses melalui Kalender IPO.

Susunan Pengurus KKES

Susunan pengurus KKES yang meliputi Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut:

Direksi

Direktur Utama : Drs. Kiki Rusmin Sadrach

Direktur : Surjati Tanril

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Budyanto Totong

Komisaris : Tjia Tjhin Hwa

Komisaris : Ignatius Arrie Setiawan

Sementara itu, susunan pemegang saham Perseroan sesudah IPO ditunjukkan pada gambar berikut.

Susunan Pemegang Saham PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk KKES Pasca IPO

Rencana Penggunaan Dana IPO

Dana yang diperoleh dari hasil IPO, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi akan digunakan oleh Perseroan dengan rincian sebagai berikut:

  1. Sekitar 95% akan digunakan untuk modal kerja dalam rangka mendukung kegiatan operasional dan pengembangan bisnis Perseroan dengan rincian yaitu sekitar 30% untuk biaya operasional seperti gaji, biaya angkut, biaya kantor, biaya penjualan dan lainnya dan sekitar 65% untuk pembelian barang dagangan, pelunasan hutang usaha kepada pemasok; dan
  2. Sekitar 5% akan digunakan untuk pengembangan sistem informasi dan teknologi Perseroan termasuk digitalisasi sistem IT untuk sales, delivery, inventory dan logistik.

Laporan Keuangan KKES Q1 2022

Perseroan membukukan kinerja positif di sepanjang kuartal I tahun 2022. Pendapatan neto Perseroan tumbuh menjadi Rp62,3 miliar jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp58,5 miliar. Meski demikian, Perseroan membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp3,8 miliar, turun jika dibandingkan raihan di kuartal I 2021 yang tercatat laba sebesar Rp9 miliar. Nilai laba per saham (earning per share - EPS) di kuartal I 2022 tercatat sebesar Rp13,11,-.

Per 31 Maret 2022, Perseroan tercatat memiliki total aset sebesar Rp119,2 miliar, meningkat jika dibandingkan total aset per 31 Desember 2021 yang sebesar Rp112,1 miliar. Total liabilitas Perseroan juga meningkat menjadi sebesar Rp83,9 miliar. Dus, ekuitas Perseroan menjadi sebesar Rp35,2 miliar, meningkat jika dibandingkan nilai per 31 Desember 2021 yang tercatat sebesar Rp31,3 miliar.

Kebijakan Dividen KKES

Setelah IPO ini, mulai tahun buku 2022 dan seterusnya, manajemen Perseroan bermaksud membayarkan dividen tunai kepada pemegang saham Perseroan dalam jumlah sebanyak - banyaknya 35% (tiga puluh lima persen) atas laba bersih tahun berjalan Perseroan. Besarnya pembagian dividen akan bergantung pada hasil kegiatan usaha dan arus kas Perseroan serta prospek usaha, kebutuhan modal kerja, belanja modal dan rencana investasi Perseroan di masa yang akan datang dan dengan memperhatikan pembatasan peraturan dan kewajiban lainnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama