Profil PT Ketrosden Triasmitra Tbk (IDX: KETR)

Saham Ketrosden Triasmitra


Foto: Ketrosden Triasmitra 

Investasimu.com. PT Ketrosden Triasmitra Tbk (IDX: KETR) didirikan berdasarkan Akta Pendirian No. 179, tanggal 25 November 1994, yang dibuat di hadapan Pudji Redjeki Irawati, S.H., Notaris di Jakarta. Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar, maksud dan tujuan Perseroan adalah melakukan usaha di bidang reparasi peralatan listrik lainnya, konstruksi bangunan sipil telekomunikasi untuk prasarana transportasi, konstruksi sentral telekomunikasi, instalasi listrik, instalasi telekomunikasi, aktivitas telekomunikasi dengan kabel, aktivitas telekomunikasi tanpa kabel dan aktivitas telekomunikasi lainnya. Perseroan memulai aktivitas usaha komersialnya sejak tahun 1994.

Perseroan dan Entitas Anak, yakni PT Triasmitra Multiniaga Internasional (TMI) dan PT Jejaring Mitra Persada (JMP), merupakan Grup Triasmitra yang bergerak dalam bidang usaha pembangunan infrastruktur sistem komunikasi kabel laut serat optik (SKKL) dan kabel darat/terestrial. Selain itu Grup Triasmitra juga melakukan penjualan jaringan infrastruktur telekomunikasi yang dibangunnya tersebut, serta menyediakan jasa pemeliharaan dan pengelolaan jaringan telekomunikasi baik yang dibangun olehnya maupun milik perusahaan lain. 

Dalam layanan pembangunan konstruksi jaringan milik pihak lain, Perseroan berperan sebagai Kontraktor. Dalam fungsinya untuk berinvestasi dengan membangun sendiri jaringan kabel lalu menjual core yang ada dalam jaringan fiber optic yang dibangunnya tersebut, Perseroan bertindak sebagai Developer. Sementara itu, dalam menyediakan jasa pemeliharaan dan pengelolaan jaringan Perseroan bertindak sebagai Managed Services Provider. Perseroan menyediakan jasa Kontraktor, JMP menyediakan jasa Developer (karena memiliki lisensi jaringan tertutup), sedangkan TMI melakukan jasa pemeliharaan dan pengelolaan jaringan termasuk menyediakan fasilitas NOC (Network Operation Center). Hingga saat ini, Triasmitra telah membangun jaringan infrastruktur telekomunikasi dengan total panjang kabel mencapai 10.013 km, termasuk kabel milik pihak lain yang dikerjakannya sebagai kontraktor.

Rincian segmen bisnis Grup Perseroan yaitu sebagai berikut.

Bisnis Developer Jaringan Telekomunikasi

Pada kegiatan usaha ini Perseroan melalui JMP melakukan investasi dengan membangun jaringan, dan kemudian menjual jaringan tersebut dalam bentuk fisik core (dalam gelendongan kabel). 

Layanan Pengelolaan dan Pemeliharaan Jaringan Pelanggan (Managed Services)

Layanan managed services ini terutama merupakan jasa turunan dari pembangunan jaringan yang dikerjakan Perseroan yang kemudian dijual kepada pelanggannya. Kontrak jasa pemeliharaan ini biasanya berlangsung untuk 15 tahun. Bagi Perseroan, pendapatan dari layanan ini penting karena merupakan pendapatan berulang (recurring income) bagi Perseroan dan mudah diprediksi. Dalam memberikan layanan pengelolaan jaringan pelanggan, Perseroan melalui Perusahaan Anak yaitu TMI, memiliki dua layanan, yaitu :

  1. Traffic Monitoring & Patrol; yakni tindakan preventif dengan melakukan monitoring pergerakan kapal di sekitar kabel laut yang dikontrol melalui NOC dan melakukan patroli di sekitar jaringan.
  2. Operation & Maintenance; yaitu memastikan kabel laut bekerja optimal dengan melakukan testing secara teratur dan menyediakan warehouse management untuk backup kabel sistem, dan apabila terjadi kabel putus melakukan tindakan perbaikan dimana Perseroan standby selama 7 x 24 jam, dan memberikan jaminan Service Level Guarantee (SLG) untuk perbaikan kabel selama maksimum 21 hari (untuk SKKL) dan maksimum 8 jam (untuk kabel darat). 

Bisnis Kontraktor Jaringan

Bisnis kontraktor merupakan kegiatan paling awal yang dilakukan oleh Perseroan terkait dengan jaringan telekomunikasi. Pada saat itu kegiatan usaha ini mulai dilakukan Perseroan sebagai subkontraktor untuk beberapa proyek telekomunikasi darat dalam skala kecil              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Ketrosden Triasmitra Tbk
KodeKETR
Alamat KantorGedung Meta Epsi Lantai 2, Jl. Mayjend D.I. Panjaitan Kav. 2, Jakarta Timur, Indonesia
Alamat Emailhq@triasmitra.com
Situshttps://www.triasmitra.com
Telepon(021) 22085100
Faks(021) 22085151
NPWP01.674.225.6-015.000
Tanggal IPO10 Nov 2022
Bidang Usaha UtamaPembangunan, penjualan dan pemeliharaan jaringan telekomunikasi kabel serat optik
SektorInfrastruktur
Sub SektorTelekomunikasi
IndustriJasa Telekomunikasi Nirkabel
Sub IndustriJasa Telekomunikasi Nirkabel


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama