Sekilas IPO PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER)

IPO Saham BEER


Foto: Miras Cap Tikus 

Investasimu.com. PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (IDX: BEER) adalah perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha minuman beralkohol hasil destilasi, fermentasi anggur, fermentasi malt dan alkohol lainnya, dan perdagangan umum. Perseroan memiliki tiga kategori produk. Produk pertama ialah Cap Tikus 1978, kedua adalah Daebak Soju, dan ketiga ialah Daebak Spark.  

Data IPO Saham BEER

Data jumlah saham yang ditawarkan, harga IPO, dan total perkiraan dana IPO disajikan dalam tabel berikut.

Informasi Keterangan
Jumlah Saham IPO Sebanyak-banyaknya sebesar 800.000.000 lembar saham baru yang merupakan saham biasa atas nama (20% dari modal).
Nilai Nominal Rp10 per saham.
Harga IPO Rp200 sampai dengan Rp220.
Total Hasil IPO Sebanyak-banyaknya sebesar Rp176.000.000.000,00

Adapun Penjamin Pelaksana Emisi Efek atas IPO Saham BEER ini yaitu UOB Kay Hian Sekuritas (AI).

Jadwal IPO Saham BEER

Jadwal perkiraan IPO Saham BEER yaitu sebagai berikut:

Masa Penawaran Awal : 16 – 22 Desember 2022

Tanggal Efektif : 28 Desember 2022

Masa Penawaran Umum : 30 Desember 2022 – 4 Januari 2023

Tanggal Penjatahan : 4 Januari 2023

Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 5 Januari 2023

Tanggal Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia : 6 Januari 2023

Jadwal IPO Saham BEER dan IPO perusahaan lainnya dapat Anda akses melalui Kalender IPO.

Susunan Pengurus 

Susunan pengurus Saham BEER yang meliputi Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Nico Lieke

Komisaris : Arnold Jaguar Limasnax

Komisaris Independen : Rudy Hidayat

Komisaris Independen : Irjen Pol. (Purn.) Bekto Suprapto

Direksi

Direktur Utama : Audy Charles Lieke

Direktur : Aditya Maulana Raja Badai Maas

Direktur : Fajar Taufik Hidayatullah

Direktur : Fransiskus Xaverius Teguh Hendarto

Sementara itu, susunan pemegang saham Perseroan sebelum dan sesudah IPO ditunjukkan pada gambar berikut.

Susunan Pemegang Saham BEER

Rencana Penggunaan Dana IPO

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Perdana setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan oleh Perseroan untuk:

  1. Sekitar 5,26% atau sekitar Rp9.253.000.000,- (sembilan miliar dua ratus lima puluh tiga juta Rupiah) akan digunakan oleh Perseroan untuk belanja barang modal berupa tanah dari pihak ketiga dengan lokasi di Desa Jetis, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, seluas: +/- 2 hektar. Adapun tujuan pemerolehan tanah ini yaitu untuk membangun fasilitas produksi Perseroan.
  2. Sekitar 6,11% atau sekitar Rp10.747.000.000,- (sepuluh miliar tujuh ratus empat puluh tujuh juta rupiah) akan digunakan oleh Perseroan untuk melakukan pembangunan fasilitas produksi, diantaranya bangunan pabrik, infrastruktur, gudang bahan baku dan gudang barang jadi, di atas tanah sebagaimana dimaksud dalam penggunaan dana pada angka 1 di atas. Biaya tersebut belum termasuk pembelian mesin mesin produksi.
  3. Sisanya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan guna mendukung kegiatan usaha Perseroan, termasuk namun tidak terbatas pada pembelian bahan baku. 

Laporan Keuangan BEER Hingga Mei 2022

Perseroan membukukan pertumbuhan pendapatan di sepanjang lima bulan pertama tahun 2022. Penjualan Perseroan hingga 31 Mei 2022 tercatat sebesar Rp26,2 miliar, tumbuh jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp16,9 miliar. Secara keseluruhan, Perseroan berhasil membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp5,1 miliar, meningkat jika dibandingkan raihan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat laba sebesar Rp2,5 miliar. EPS Perseroan hingga Mei 2022 tercatat sebesar Rp1,62. 

Per 31 Mei 2022, Perseroan tercatat memiliki total aset sebesar Rp55,3 miliar, meningkat jika dibandingkan total aset per 31 Desember 2021 yang sebesar Rp48,7 miliar. Total liabilitas Perseroan meningkat menjadi sebesar Rp15,1 miliar. Dus, ekuitas Perseroan menjadi sebesar Rp40,1 miliar, meningkat jika dibandingkan nilai per 31 Desember 2021 yang tercatat sebesar Rp34,9 miliar.

Dari sisi arus kas, hingga 31 Mei 2022 Perseroan membukukan arus kas bersih dari aktivitas operasi sebesar Rp3,5 miliar, arus kas bersih dari aktivitas investasi sebesar (Rp1,5 miliar), dan arus kas bersih dari aktivitas pendanaan sebesar (Rp624,7 juta). Dengan demikian terdapat peningkatan kas dan setara kas sebesar Rp1,4 miliar dan saldo kas dan setara kas Perseroan per tanggal 31 Mei 2022 tercatat sebesar Rp2,1 miliar.

Kebijakan Dividen BEER

Dengan tetap memperhatikan kondisi keuangan Perseroan dari waktu ke waktu, Perseroan merencanakan untuk membayar dividen tunai secara kas atau dalam bentuk uang kepada seluruh pemegang Saham sekurang-kurangnya sekali dalam setahun. Besarnya dividen yang akan dibagikan dikaitkan dengan keuntungan Perseroan pada tahun buku yang bersangkutan, dengan tidak mengabaikan tingkat kesehatan keuangan Perseroan dan tanpa mengurangi hak RUPS Perseroan untuk menentukan lain sesuai dengan Anggaran Dasar Perseroan.

Mulai tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023 dan seterusnya, Perseroan akan membagikan dividen tunai secara kas sebanyak-banyaknya 20% (dua puluh persen) dari Laba Bersih Perseroan dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbuka serta peraturan perundang-undangan Pasar Modal yang berlaku dan kebijakan Perseroan dalam pembagian dividen tersebut akan diputuskan oleh para Pemegang Saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diadakan setiap tahun.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama