Profil PT Global Digital Niaga Tbk (IDX: BELI)

Profil Saham Blibli



Foto: Blibli 

Investasimu.com. PT Global Digital Niaga Tbk (IDX: BELI) didirikan pada tahun 2010 di Kudus, Jawa Tengah, berdasarkan Akta No. 63 tanggal 12 Maret 2010 dari Notaris Eliwaty Tjitra, S.H. Berdasarkan Pasal 3 Anggaran Dasar, ruang lingkup kegiatan Perseroan yaitu menjalankan usaha dalam informasi dan komunikasi; dan perdagangan besar dan eceran. Perseroan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tahun 2010.

Perseroan merupakan salah satu perintis ekosistem perdagangan dan gaya hidup yang dilakukan melalui omnichannel dan berfokus pada institusi dan konsumen kalangan kelas menengah dan atas yang terkoneksi secara digital di seluruh Indonesia. Perseroan mengoperasikan platform business-to-consumer (“B2C”) Blibli.com. Saat ini, Blibli.com menawarkan serangkaian produk dan jasa pihak pertama (“1P”) yang dibeli secara grosir dan dijual secara ritel kepada konsumen (segmen “Ritel 1P”). Platform B2C Perseroan juga menaungi pihak ketiga independen (“3P”) yang menjual produk dan jasa yang ditawarkan secara langsung kepada konsumen (segmen “Ritel 3P”), baik melalui Blibli.com maupun tiket.com, sebuah agen perjalanan online (online travel agency, “OTA”) dan platform gaya hidup. 

Perseroan juga menyediakan pengalaman konsumen yang terintegrasi baik secara online dan offline, mengoperasikan toko fisik untuk mitra dengan merek terkemuka, termasuk Samsung, Vivo, dan Oppo, serta supermarket barang kebutuhan sehari-hari yang dioperasikan oleh anak perusahaan Perseroan PT Supra Boga Lestari Tbk (IDX: RANC). yaitu Ranch Market dan Farmers Market (segmen “Toko Fisik”). Jaringan pergudangan dan logistik Perseroan didukung oleh anak perusahaan jasa logistik pihak pertama (“1PL”), Blibli Express Services, dan mitra jasa logistik pihak ketiga (“3PL”). 

Perseroan juga menawarkan beragam opsi pembayaran yang nyaman, termasuk platform buy-now-pay-later (“BNPL”) Perseroan, Blibli PayLater, yang diluncurkan melalui Entitas Asosiasi Perseroan, Cermati Fintech Group, serta layanan perbankan, Blu, yang disediakan oleh PT Bank Digital BCA, anak perusahaan dari afiliasi Perseroan, yaitu PT Bank Central Asia Tbk (IDX: BBCA).

Ekosistem perdagangan dan gaya hidup yang dilakukan melalui omnichannel Perseroan dioperasikan melalui empat segmen usaha terpisah:

  1. Ritel 1P – platform B2C Perseroan untuk produk dan jasa 1P termasuk di Blibli.com
  2. Ritel 3P – platform B2C Perseroan untuk produk dan jasa 3P termasuk di Blibli.com dan tiket.com.
  3. Institusi – platform B2B Perseroan untuk produk dan jasa 1P dan 3P bagi institusi publik dan swasta di seluruh Indonesia termasuk melalui Blibli.com
  4. Toko Fisik – per tanggal 31 Desember 2021, platform toko fisik Perseroan mengoperasikan 52 experience stores bagi mitra bermerek, termasuk Samsung, Vivo, dan Oppo, di samping 70 supermarket barang kebutuhan sehari-hari yang dioperasikan oleh anak perusahaan Perseroan yaitu Ranch Market dan Farmers Market, yang telah meningkat menjadi 133 gerai yang terdiri dari 64 experience stores dan 69 supermarket grocery per tanggal 31 Maret 2022.         

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Global Digital Niaga Tbk
KodeBELI
Alamat KantorJl. Jendral Ahmad Yani No. 34, Kel. Panjunan, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus 59317, Jawa Tengah, Indonesia
Alamat Emailcorp.sec@gdn-commerce.com
Situswww.blibli.com
Telepon(021) 2910 1072
Faks(0291) 431695
NPWP-
Tanggal IPO8 Nov 2022
Bidang Usaha UtamaPerdagangan eceran melalui media untuk barang campuran, aktivitas pengembangan aplikasi perdagangan melalui internet (e-commerce), portal web dan/atau platform digital dengan tujuan komersial
SektorTeknologi
Sub SektorPerangkat Lunak dan Jasa TI
IndustriAplikasi dan Jasa Internet
Sub IndustriAplikasi dan Jasa Internet


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus









Post a Comment

Lebih baru Lebih lama